Salah satu solusi yang efektif untuk internet cepat adalah mengurangi waktu loading internet dalam dengan mengutak-atik DNS di localhost atau komputer / PC lokal. Apapun yang kita kerjakan di internet, mulai dari kirim mengirim email, melakukan transfering files ke FTP, membuka facebook, chatting di YM, mengakses web, bahkan koneksi ke VPS, semuanya memerlukan DNS.

Dengan kata lain, DNS adalah bagian / elemen terpenting ketika kita berselancar di dunia maya. Contohnya ada satu kasus di mana orang-orang mengeluhkan lambannya waktu loading internet di flexi, telah ada yang berhasil memecahkan masalah ini dengan menyetel DNS flexi sehingga tampil lebih cepat waktu loadingnya.
Nah, salah satu software yang bisa support kita dalam hal memanage DNS dalam hal cache DNS, store DNS dan segala layer lainnya adalah ExtraDNS.

ExtraDNS akan memotong permintaan DNS dan simpan balasan dalam database cepat diindeks. Kali berikutnya sistem Anda hrs menyelesaikan sama alamat, Tool ini langsung pasokan jawaban dari database-nya. Tidak ada penundaan lebih ketika loading halaman Web atau mengakses mail server. Selain itu, Tool ini mengatasi keterbatasan jendela sistem operasi dan bisa mengelola hingga 10 nameserver yg berbeda.

Bagaimana Tool ini bekerja sehingga jadi solusi internet cepat?

Tool ini memberitahu sistem Anda utk meminta informasi DNS dari
aplikasi Tool ini ketimbang mengirim permintaan keluar ke
Internet. Bila Tool ini menerima permintaan dua kasus yg mungkin terjadi:

1. Entry DNS ditemukan dalam database

– Tool ini akan mengirimkan informasi yg diminta langsung ke aplikasi.
– Namun demikian permintaan akan dikirim ke server DNS Internet.
– Setelah jawaban diterima, Tool ini akan membandingkan jawaban dgn informasi dalam database, dan memutakhirkan setiap catatan jika diperlukan.
Ini memastikan bahwa database cache selalu up to date, dan Anda tidak akan menerima ketinggalan jaman informasi dari cache.

2. Jika tidak ada entri yg cocok ditemukan dalam database

– Tool ini akan mengirimkan permintaan ke semua DNS server yg tersedia dikonfigurasi. Tool ini akan menanyakan semua server secara simultan. Hal ini akan mengakibatkan di lebih cepat jawaban dibandingkan dgn sistem windows standar dimana permintaan adalah kirim ke berikutnya server hanya jika sebelumnya tidak menjawab.
– Aplikasi Anda akan menerima respon dari server pertama merespon.
– Tool ini akan menambahkan informasi ke database-nya.

Dari paparan di atas, salah satu solusi internet cepat masa ini adalah dengan bermain-main di layer DNS, so mungkin masalah anda bisa terpecahkan.

Author by Alwie N.R