Ada banyak pilihan sebenarnya yang bisa dilakukan namun sebelum melakukan semua itu alangkah baiknya membuat backup database blog dll, agar jika dikemudian hari ada masalah data anda masih aman sebab sebagian dari trik ini berkaitan dengan database. Bagi pengguna wordpress pembahasan ini terbatas pada penggunaan plugin saja. Untukmempercepat akses blog, lakukan langkah-langkah berikut;

  1. Gunakan Broken Link Checker. Plugin ini sangat baik untuk mengecek mana link yang tepat dan mana link yang keliru dalam blog Anda. Silakan install plugin ini dan lakukan setting seperlunya
  2. Gunakan plugin DUI (delete unused image). Plugin ini berguna untuk membuang image jika anda pernah mengupload gambar misalnya lebih dari dua kali pemakaian. Setiap gambar yang tidak terpakai akan ditandai oleh plugin ini. Sangat baik hasilnya.
  3. GZIP Output. Plugin ini tujuannya untuk mengkompress blog anda sehingga dengan cara ini blog akan menjadi lebih kecil ukurannya dan menjadi lebih cepat loading.
  4. WP DB Optimizer. Plugin ini untuk mengoptimalkan database blog anda. Adakalanya database bermasalah dan tidak optimal sehingga blog tidak dapat bekerja maksimal atau kadang terjadi error saat loading.
  5. Gunakan WP HTTP Compression. Hampir sama dengan GZIP Output kinerja WP HTTP Compression memungkinkan blog WordPress Anda untuk kompresi halaman output dalam format gzip jika browser mendukung kompresi. Kompresi HTTP umumnya berarti 60-80% PENGURANGAN dalam ukuran halaman Anda (penggunaan broadband) serta meningkatkan kecepatan download 3x untuk 4x.
  6. W3 Total Cache. Diantara banyak plugin cache blog, menurut saya inilah yang paling baik dan paling komplit. Dengan plugin ini ada pengaturan General Settings | Page Cache Settings | Minify Settings | Database Cache Settings | CDN Settings lengkap dengan cara instalasinya serta tutorialnya.

Dibawah ini saya beri perbandingan blog agussale.com sebelum dan sesudah menggunakan plugin di atas. Pengukurannya saya menggunakan jasa iWEBTOOL. Jika anda mengikuti langkah yang saya jelaskan diatas silakan ukur hasilnya dengan SEO BLOG TOOLS pada blog ini.

 

Sebelum menggunakan pluin


Setelah menggunakan plugin

Author by Alwie N.